Sabtu, 07 Januari 2017

Melakukan critical appraisal jurnal meta analysis


Mengkaji kritis dengan cepat meta-analisis

Clinical trials comparing norepinephrine with
vasopressin in patients with septic shock:
a meta-analysis

Langkah 1: Pertanyaan apa yang akan dijawab?
Populasi/problem      : Pasien Dewasa dengan Syok Sepsis
Intervensi                    : Pemberian Norepinefrin
Comparison (kontrol)                                                               : Pemberian Vasopresin
Outcome (s)                : Penurunan Mortalitas dan Perbaikan Hemodinamika

Langkah 2: Sebaik apakah meta-analisis ini dikerjakan?

Pertanyaan — Apakah tinjauan sistematik mengacu pada pertanyaan terfokus (PICO)?
Apa yang terbaik?
Di mana saya menemukan informasi tersebut?
Pertanyaan utama yang diajukan harus dinyatakan dengan jelas. Paparan seperti terapi atau tes diagnostik, dan outcomes yang dimaksud sering dinyatakan dengan istilah hubungan yang sederhana

Dari judul sudah dinyatakan dengan jelas bahwa pertanyaan utama yang diajukan adalah pada pasien dewasa dengan syok septik, pemberian norepineprin dibandingkan dengan vasopressin dapat menurunkan mortalitas dan memperbaiki hemodinamika.
Makalah ini: Ya       Tidak       Tidak jelas        
Komentar : tergambar jelas
......... dan menggunakan pertanyaan untuk mengarahkan pencarian dan pemilihan artikel yang akan dimasukkan?
Apa yang terbaik?
Di mana saya menemukan informasi tersebut?
Inklusi atau eksklusi penelitian dalam tinjauan sistematik harus jelas didefinisikan sebelumnya. Kriteria kelayakan yang digunakan harus menentukan pasien, intervensi atau pemaparan dan outcomes yang dicari. Pada beberapa kasus jenis rancangan penelitian juga akan menjadi komponen kunci kriteria kelayakan.
Kriteria inklusi : penelitian RCT pada pasien > 18 tahun dengan syok septik yang diberi norepineprin dan vasopressin

Kriteria eksklusi : (Tabel 1)
Penelitian yang tidak relevan
Pasien menderita penyakit/ menerima pengobatan lainnya
Tidak ada perbandingan mortalitas
Pasien tidak mengalami sepsis
Penelitian duplikasi
Makalah ini: Ya       Tidak       Tidak jelas      
Komentar: tergambar jelas


Pencarian - Apakah pencarian dapat menemukan semua bukti yang relevan?
Apa yang terbaik
Di mana saya menemukan informasi tersebut?
Titik awal pencarian yang komprehensif dan relevan adalah database bibliografi utama (yaitu MEDLINE, Cochrane, EMBASE) juga termasuk pencarian daftar referensi dari penelitian yang relevan, menggunakan Science , Citation Index, kontak dengan ahli, terutama untuk menanyakan tentang penelitian yang tidak dipublikasikan. Pencarian tidak harus dibatasi hanyapada informasi berbahasa lnggris saja. Strategi pencarian harus memasukkan baik istilah MeSH maupun kata dalam teks.
Meta analisis ini dilakukan mengikuti rekomendasi PRISMA statement.
Database dicari di PUBMED, EMBASE dan Cochrane Library mulai dari 2006 hingga Desember 2013. Selain itu juga dicari dan dicek bibliografi semua penelitian yang berhubungan dan review artikel terbaru untuk mengidentifikasi sitasi tambahan.
Strategi pencarian yang dilakukan menggunakan Medical Subject Heading (MeSH) dan kata berteks dengan strategi Boolean. Untuk pencarian silang digunakan 2 kategori :
1.    Vasopressor yang beda (norepinefrin atau vasopressin)
2.    Penyakit (SEPSIS/INFECTION/SEPTIC SHOCK/ SHOCK/ SYSTEMIC INFLAMMATORY RESPONSE SYNDROME/SIRS)
Pencarian literatur dibatasi dengan kata “human” dan English.

Kajian Sudahkah penelitian dikaji secara kritis?
Apa yang terbaik?
Di mana saya menemukan informasi tersebut?
Artikel harus menggambarkan bagaimana kualitas dari setiap penelitian yang dikaji, menggunakan kriteria kualitas yang telah ditentukan sesuai dengan jenis pertanyaan klinis (yaitu randomisasi, penyamaran
dan kelengkapan tindak lanjut untuk pertanyaan intervensi).

Kualitas setiap penelitian dinilai dengan Jadad score meliputi : randomisasi, penyamaran pembagian intervensi, kemiripan kelompok intervensi pada karakteristik baseline, blinding peneliti/klinisi, dan deskripsi withdrawal dan DO.
Makalah ini: Ya       Tidak       Tidak jelas        
Komentar: tergambar jelas
…… dan apakah kualitasnya secara keseluruhan cukup?
Apa yang terbaik?
Di mana saya menemukan informasi tersebut?
Penelitian harus dinilai secara independen oleh minimal 2 pe-review. Keseluruhan kualitas harus sedemikian rupa sehingga hasilnya tidak mungkin timbul bias seperti kurang pengacakan atau subjek tidak disamarkan
Pemilihan penelitian dilakukan oleh 2 investigator yaitu F.Z. dan Q.S.


6 sitasi yang dianalisis adalah RCT ditambah dengan 1 penelitian cohort. Blinding dilakukan pada 4 studi, dengan rata-rata Jadad score 6 RCT adalah 4.
Makalah ini: Ya       Tidak       Tidak jelas        
Komentar: tergambar jelas
Sintesis Sudahkah hasilnya disintesis dengan tabel ringkasan dan plot yang tepat?
Apa yang terbaik
Di mana saya menemukan informasi tersebut?
Hasil penelitian minimal ditampilkan dalam tabel ringkasan. Jika hasilnya serupa, mungkin ada hasil meta-analisis dalam bentuk 'forest plot'. ldealnya, termasuk juga analisis heterogenitas (lihat bawah)                      Bagian hasil harus mencakup semua tabel ringkasar dan plot serta penjelasan dari hasil.
1.   Mortalitas à tidak ada perbedaan tingkat mortalitas yang didapat ketika membandingkan norefineprin dan vasopressin. Tidak heterogenitas (I2 = 0%, P = 0,51) dan digunakan model fixed effect.
2. Parameter Hemodinamik pada pemberian norefineprin dibandingkan vasopressin tidak memiliki efek signifikan terhadap heart rate (HR), mean arterial pressure (MAP), cardiac index (CI), systemic vascular resistance index (SVRI), oxygen delivery (DO2),oxygen consumption (VO2), atau asam laktat. Tidak ada heterogenitas yagn signifikan ditemukan pada perbandingan ini.
.....dan apa kesamaan hasil antar penelitian tersebut?
Apa yang terbaik?
Di mana saya menemukan informasi tersebut?
Idealnya, hasil dari penelitian yang berbeda harus serupa atau homogen. Jika heterogenitas ada maka penulis dapat menghitung apakah perbedaannya bermakna (tes Cochran Q). Alasan terjadinya heterogenitas harus dieksplorasi
Hasil penelitian berdasarkan figure 2 dan 3 menunjukkan bahwa hasil analisis data homogen.
Hasil utama yang terungkap bahwa survival pasien yang diterapi dengan norefineprin tidak berbeda secara signifikan dengan pasien yang diterapi dengan vasopressin. Lebih jauh lagi, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa norefineprin lebih superior daripada vasopressin dalam memperbaiki parameter hemodinamika.
Makalah ini: Ya       Tidak       Tidak jelas       
Komentar: tergambar jelas



Langkah 3: Apa makna penelitian hasil?
Apa ukuran yang digunakan dan seberapa besar efeknya? (Bisakah ini terjadi karena kebetulan?) Untuk melihat efek secara klinis pada penggunaan norefineprin dan vasopressin digunakan nilai RR (Risk Ratio). Pada outcome penurunan mortalitas, didapat RR gabungan sebesar 1,07 (0,97 – 1,20), artinya secara klinis tidak ada perbedaan secara signifikan pemberian kedua obat, karena CI melewati 1. Vasopressin yang merupakan hormon peptide yang dilepaskan oleh kelenjar pituitary sebagai respon untuk menurunkan volume intravascular, telah digunakan pada pasien dengan syok septik. Namun pada penelitian meta analisis ini tidak ditemukan perbedaan yang signifikan pada penurunan tingkat mortalitas pada pemberian NE dan vasopressin.
Pada outcome yang kedua, yaitu perbaikan parameter hemodinamika juga didapat hasil yang sama, yaitu tidak ada perbedaan secara klinis terhadap pemberian kedua obat, dimana dibuktikan dengan nilai SMD (Standard Mean Difference). Untuk dikatakan memiliki makna secara klinis maka nilai SMD harus di bawah angka 0.
Sedangkan untuk melihat makna pengobatan secara statistik, dilihat dari nilai P. pada outcome penurunan mortalitas didapat nilai P = 0,19 (>0,05) artinya secara statistik tidak bermakna signifikan. Begitu juga dengan outcome perbaikan parameter hemodinamika dimana nilai P > 0,05, sehingga tidak signifikan secara statistik.


 TUGAS KELOMPOK MAKUL EBM dr Cita.
pengertian dan penjelasan oleh mba Vidi Ika Hastari, amazing person, mengerti meta sampai sebegitunya... 

download jurnalnya ^,^ biar yg kosong kosong bisa terlihat.. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar